Tips & Trik Melindungi Flashdisk, File dan Folder

sekarang ni jaman dah modern, apalagi ya ada kaitannya dengan penyimpanan data, sudah banyak sekali alat barang-barang yg di keluarkan, di sini kita kanmembahas sedikit tips n triks pengamanan flasdisk..
1. Gunakan software Lockdir
Software satu ini sangat bagus melindungi file, baik dalam folder, flashdisk sampai dengan harddrive. Cara penggunaannya sangat mudah dan tanpa instalasi. Software ini bekerja dengan cara meng-enkripsi folder
sehingga file-file di dalamnya dapat terlindungi dengan baik. Software ini juga dilengkapi dengan password, sehingga tidak dapat diakses oleh pengguna lain. Folder yang sudah ter-enkripsi dapat dinormalkan kembali dengan cara di dekripsi, dekripsi adalah kebalikan dari enkripsi. Software ini juga pernah di test oleh seorang hacker, dan ternyata sangat sulit dijebol, jadi Software ini sangat powerfull jika kamu gunakan untuk melindungi file-file milik kamu.
download free software lockdir


2. Gunakan folder Smad-Lock
Folder ini diklaim mampu melindungi file-file didalamnya dari serangan virus, dan dipercayai semua jenis virus tidak akan dapat menginfeksi folder ini sama sekali. Jadi folder Smad-Lock sangat aman. Caranya letakkan semua file dalam folder Smad-Lock, jangan sekali-kali me-rename folder Smad-Lock maka file-file kamu aman dari berbagai jenis virus. Folder Smad-Lock men-support semua jenis format file dari format doc hingga exe. Jadi tidak ada salahnya kamu mencoba software ini.
download free software folder Smad-Lock
 
3. Gunakan FDGuard
FDGuard adalah singkatan dari Flasdisk Guard, fungsinya untuk melindungi flashdisk dari virus. Software ini bekerja pada saat startup windows, jadi begitu flashdisk masuk ke slot Usb-nya lalu software ini secara otomatis akan me-rename file-file yang ada didalamnya, misalnya file dengan ekstensi EXE akan di rename menjadi EX_. Jika ingin me-rename kembali file EX_ menjadi EXE cukup menekan tombol Shift+R, untuk me-rename kembali dari EXE menjadi EX_ tekan tombol Shift+A dan untuk keluar tekan Shift+Q. Dengan merename file maka dapat meminimalisir serangan virus yang masuk ke flashdisk. Kelemahan dari software ini adalah, software ini hanya bekerja pada directory root pada flashdisk, sementara folder-folder tidak diperiksa isinya. Karena software ini masih dalam keadaan Beta, dan sedang dalam tahap pengembangan. Tapi walaupun demikian software ini patut di coba, mengingat virus-virus sudah semakin banyak dan beragam.
free download software FDGuard


4. Gunakan Software FixingHidden
Biasanya jika virus sudah menginfeksi komputer maka file asli akan di hidden dan digantikan dengan virus itu sendiri yang menyamar sebagai file aslinya. Jika kita sebagai orang yang awam terhadap virus, terkadang kita sulit membedakan mana virus dan mana yang bukan virus. Kita harus waspada dengan menggunakan AntiVirus yang aktif saat startup Windows, sehingga virus dapat terdeteksi. Dan untuk menormalkan kembali file-file yang telah di hidden oleh Virus kamu bisa mencoba software FixingHidden.walaupun admin lum mencobanya, gk da slahnya kan lho di coba, anda bisa mencari software ini di engkong google, karna admin sendiri belum berhasil mendapatkannya,,,,

5. Gunakan AntiVirus yang uptodate
Usaha terakhir adalah, kamu harus memasang AntiVirus dikomputer kamu. Mengingat bahwa serangan virus sangat sulit dibendung. Apalagi bagi kamu yang suka asal colak-colok flashdisk orang lain ke komputer kamu sendiri, ingat kamu juga harus rajin meng-update antivirus kamu baik setiaphari, tiap minggu or tiap bulan yang penting tetap update. Dan tips terakhir adalah tetap waspada dan mencurigai setiap file-file di komputer dan flashdisk kamu, karena bisa jadi virus nyelip di dalamnya dan bisa-bisa tidak sengaja kita mengklik virus itu.

jadi tetaplah waspada,, sekian dlu ya,,,,

2 komentar:

  Unknown

4 Oktober 2010 pukul 22.31

FDGuard 1.20 (okt 2010) dapat didownload di http://mantab.noads.biz/index.php?page=article_show.php&id=fdguard

  masdjab

18 Oktober 2010 pukul 16.58

FDGuard sudah keluar versi baru lagi yaitu versi 1.21 dengan beberapa fitur tambahan sbb:
- bisa scan seluruh isi flashdisk, tetapi bila diinginkan bisa scan root directory saja seperti versi lama
- daftar ekstensi target scan dapat diedit sendiri (ditambah/dikurangi)
- bisa mengaktifkan kembali regedit, taskmanager, command prompt yg didisable virus
- bisa memunculkan kembali menu folder options, run, find yg dihilangkan virus
- bisa memunculkan kembali file2 di flashdisk yg disembunyikan virus

detailnya silahkan lihat di sini: http://mantab.noads.biz/fdguard